Laman

Selasa, 27 September 2011

Pramugara dan Pramugari

>>>>Atika - Garuda Indonesia Hajj Flight
>>>jati - Lion Air Domestic
>>>bang nuar - Air Asia
>>> ferdi - Garuda Indonesia Hajj Flight
>>> hayo coba cari di mana saya ^_^


Punya beberapa temen yang beda profesi emang menguntungkan buatku. yah banyak banget pengetahuan yang sebelumnya enggak aku ketahui. salah satunya profesi mulia itu adalah Flight Attendant/ Air Crew. Atau orang sering menyebut Pramugari atau Pramugara. emmmmm...jadi inget waktu dulu pernah join beberapa saat di Sekolah Tinggi Teknologi Dirgantara Yogyakarta ( entah sekarang berubah menjadi nama apa lagi ). Saat itu aku ambil Jurusan Pramugara dan sempat langsung seleksi Tes Pramugara Haji Garuda Indonesia. Karena suatu hal dan alasan tertentu, aku mengundurkan diri. Sempat terbayang dulu aku akan terbang dari satu bandara ke bandara lain. Di pikiran saya waktu itu sederhana saja, dengan bekerja sebagai awak kabin saya bisa jalan-jalan keliling dunia dan dibayarin...mmmmm....sudahlah...itu sudah berlalu. Enggak usah dibayangin lagi. Toh gak akan mengembalikan keadaan. eh sekarang malah punya banyak temen dari berbagai maskapai. Alhamdulillah ya...sebut saja : Femy Afriadi (ferdi) pramugara haji Garuda embarkasi Padang, Atika Isnatunnajah (Tika) pramugari haji Garuda embarkasi Juanda. Annuar Hasyim (nuar) pramugara Air Asia, Djathie Kusumanegara (jati) pramugara Lion Air dan masih banyak lainnya. Mereka yang aku sebutkan adalah yang akhir akhir ini sering berkomunikasi. Jangan membayangkan pekerjaan menjadi Air Crew itu mudah, enak dan menyenangkan. Yah ada benarnya itu, namun kenyataan di lapangan adalah pekerjaan menjadi Pramugara/i adalah pekerjaan yang benar benar membutuhkan skill. kita dituntut tampil sempurna. hah, yang namanya manusia pasti gak ada lah yang sempurna. Pramugara/i dituntut tampil rapih, bersih dan santun. selain itu harus smart dan peka terhadap situasi di dalam kabin pesawat. Stamina harus benar2 fit. bayangkan kita harus mondar mandir di dalam kabin untuk "melayani" penumpang. Perlu diketahui Pramugara/i adalah bukan Pembantu. Selama ini banyak orang yang menganggap mereka sebagai pembantu. Main suruh sana suruh sini. Minta ini ,Minta itu. Cerewetnya minta ampun. Alhamdulillah kalo ada yang ngasih tips, tapi boro boro tips...maki dan caci yang sering kita dapat (hasil curhat temen di Lion Air). Banyak banget suka duka menjadi Pramugara/i. Setiap maskapai penerbangan punya nilai khas atau ciri khas pelayanan mereka pastinya, maka dari itu setiap maskapai penerbangan akan memberikan traning – traning yang beda – beda bagi calon pramugari, diluar traning wajib yang dikelurakan IATA, atau badan – badan yang mengeluarkan regulasi tentang, pendidikan calon cabin crew atau pramugari dan standar pelayanan maskapaia penerbangan, tentunya hal tersebut diperuntukan buat standar pelayanan maskapai penerbangan masing – masing. it’s ok wajarlah kan tujuannya untuk kualitas yang bakal dikasih maskapai buat penumpangnya.

wah banyak banget pengalaman temen temenku. Mulai dari dimintain nomor telpon, di ajak Check in, di maki, ampe di minta jadi menantu.....wah kalo dipuji sih masih oke. Tapi gak nahan kalo dapet makian. Kayak temen dari Lion Air. Selalu aja mengeluh tiap abis Landing. Yang debat sama penumpang karena si penumpang gak mau matiin hape lah, mpe di maki karena pesawat delay terlalu lama. (tau sendiri manajemen Lion Air, jadi gak heran kalo banyak penumpang yang melampiaskan kekecewaan mereka ke pramugara/i). Enaknya punya temen temen seperti mereka adalah...banyak banget oleh2 yang mereka kasih buat aku. Sajadah dari Jedah, Mug bertuliskan Singapura, Parfum dari Mekkah. Ha ha. mereka enggak ngasih sih. Aku yang minta di kasih alias nodong.


Wah dari tadi banyak omong, sdikit info nih definisi Pramugara/i yang bener:

Pramugara/i adalah staf/karyawan perusahaan penerbangan yang melayani penumpang terutama keamanannya. Fungsi selanjutnya adalah melayani penumpang dan memberikan kenyamanan pada mereka. Pramugari adalah anggota dari awak pesawat. Istilah pramugari digunakan untuk staf perempuan, sedang sebaliknya untuk staf lelaki adalah pramugara.

Para pramugari dan pramugara selama dalam perjalanan penerbangan secara bersama-sama merupakan “awak kabin” (“cabin crew”;), sementara para pilot (di kokpit) dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan.

Pramugara/i pesawat

Para pramugari dan pramugara selama dalam perjalanan penerbangan secara bersama-sama merupakan awak kabin yang tugas intinya adalah menjaga keselamatan para penumpang di pesawat dan melayani kebutuhan penumpangnya atau biasa disebut serving, sementara para pilot (di kokpit) dan para teknisi memperhatikan aspek-aspek teknis penerbangan.

Tanggung jawab utama para awak penerbangan adalah keamanan penumpang dan siap siaga dalam keadaan darurat. Hal ini diikuti dengan tugas rutin pelayanan penumpang seperti menyediakan makanan dan minuman di pesawat, dan memenuhi kebutuhan individual para penumpangnya. Peran ini kadang-kadang menjadikan konflik ketika mereka harus meminta seorang penumpang yang telah minum minuman beralkohol terlalu banyak untuk berhenti, atau untuk meminta penumpang memasang sabuk pengaman, duduk, menyeleksi barang yang harus dibawa di luggage bins atau meminta mereka mengikuti prosedur keamanan pesawat.



2 komentar:

  1. kalo kamu jadi pramugara, kamu mungkin ga' ketemu aku di udara....wkwkkwkwk....
    aku g' iso terbang e,.,,(PeDe...)xixii

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwk....jelas aja ak bisa terbang, orang badanmu gendut...xixiix....(fisiiiieeeekkkkk)

    BalasHapus